foto1
PENGHARGAAN KOMISI INFORMASI
foto1
SERTIFIKAT PENGHARGAAN KOMISI INFORMASI
foto1
The new technology of solar panels 3

Unakerhum: Kamis (28/12) STKIP PGRI Sumatera Barat kembali menerima Penghargaan sebagai Perguruan Tinggi yang terbuka dalam memberikan informasi terhadap Publik. Piagam Penghargaan diserahkan oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abid di Auditorium Gubernuran Provinsi Sumatera Barat. Penghargaan ini merupakan penghargaan yang kedua kalinya diraih oleh STKIP PGRI Sumatera Barat. Tujuan kegiatan ini adalah untuk peningkatan badan publik yang transparan terhadap informasi publik. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Komisi Informasi Pusat, Pimpinan Komisi Informasi dari Berbagai Provinsi, dan Badan Publik lainnya yang ada di Sumatera Barat, Pimpinan PTN/PTS dan Pimpinan Sekolah Menengah se-Sumatera Barat dan tamu undangan lainnya.

Adapun penganugerahan ini diberikan berdasarkan 8 kategori yang di nilai, diantaranya: Transparansi Pemerintahan Kabupaten dan Kota, Transparansi Dana Desa/Nagari, BUMN dan BUMD, PTN/PTS, Sekolah Menengah, Instansi Vertikal, Partai Politik dan SKPD Provinsi. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kegiatan serupa sekaligus yang pertama kali digelar oleh Komisi Informasi pada 2015 lalu, yakni hanya mencantumkan 7 kategori penilaian, diantaranya: BUMN dan BUMD, Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta, Transparansi Nagari dan Desa, Instansi Vertikal, dan SKPD Provinsi.

Syamsu Rizal, ketua Komisi Informasi Sumatera Barat menyampaikan kegiatan ini dilakukan setiap tahun karena masih banyaknya badan publik yang belum paham terhadap komisi informasi serta kewajiban pimpinan badan publik dalam pelaksanaan undang-undang nomor 14 tahun 2008 tentang keterbukaan terhadap informasi publik. Selain itu, untuk mendorong terwujudnya transparansi badan publik terhadap informasi publik. Salah satu alasan penambahan kategori Transparansi Sekolah Menengah adalah karena bergesernya kewenangan Sekolah Menengah ke pemerintahan provinsi Sumatera Barat.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abid dalam sambutannya menyampaikan salah satu badan publik yang sangat rendah kesadarannya dalam menanggapi UU keterbukaan informasi publik adalah bidang pendidikan, yakni Perguruan Tinggi. Namun kendati demikian, Komisi Informasi tetap memberikan penghargaan bagi Perguruan Tinggi yang positif dalam menanggapi UU tersebut.

Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama STKIP PGRI Sumatera Barat, Jarudin mengaku sangat bangga dengan prestasi yang diraih oleh STKIP PGRI tahun ini, walaupun prestasi yang diraih tahun ini menurun dari tahun sebelumnya, dari peringkat tiga jatuh ke peringkat empat. Hal itu wajar, karena daya saing Perguruan Tinggi di Sumatera Barat tahun ini cukup besar dalam hal keterbukaan informasi terhadap publik. PTN/PTS yang ikut berpartisipasi tahun ini sebanyak 16 Perguruan Tinggi, sementara tahun sebelumnya PTN/PTS yang berpatisipasi hanya 5 Perguruan Tinggi. Penghargaan yang diterima ini akan menambah spirit bagi STKIP PGRI untuk selalu meningkatkan kualitas/mutu tata kelola informasi publik”.

 

 

 

 

 

Informasi Terbaru

107206
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
18
32
118
106862
661
768
107206

Your IP: 118.97.164.113
Server Time: 2018-01-17 12:35:41