foto1
PENGHARGAAN KOMISI INFORMASI TAHUN 2016
foto1
SERTIFIKAT PENGHARGAAN KOMISI INFORMASI
foto1
PENGHARGAAN KOMISI INFORMASI TAHUN 2017

 

 

Unakerhum: Minggu (25/11). Untuk mempersatukan dan mempererat hubungan silaturrahmi sesama alumni, Ikatan Alumni (Iluni)  STKIP PGRI Sumatera Barat menggelar Musyawarah Besar (Mubes) dengan mengusung tema "Merajut Kenangan Dalam Satu Almamater".  Kegiatan ini digelar di Aula Gedung STKIP PGRI Sumatera Barat yang dihadiri oleh Alumni mulai dari angkatan  84 sampai angkatan 2018. Kegiatan Mubes dibuka secara resmi oleh ketua yayasan Pendidikan PGRI Padang Sumatera Barat, Drs.  Dasrizal,  M. P. 

Dalam sambutannya Ia menyampaikan berbagai kemajuan dan peningkatan yang sudah diraih kampus STKIP PGRI Sumatera Barat, termasuk dalam segi sarana dan prasarana. Salah satunya yaitu telah berdirinya STKIP PGRI Convention Centre (SCC) yang hampir setiap hari dijadikan sebagai tempat pertemuan-pertemuan atau untuk melaksanakan berbagai kegiatan, baik yang sifatnya lokal,  nasional maupun kegiatan Internasional.  "Pihak yayasan selalu berkomitmen untuk selalu mendukung demi kemajuan STKIP PGRI Sumatera Barat kedepan" tegasnya. Ia juga menambahkan, setelah selesai Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) pada awal Desember ini, pada tahun 2019 STKIP PGRI Sumatera Barat akan berusaha untuk berubah bentuk menjadi Universitas PGRI Sumatera Barat. Apresiasi yang setinggi-tingginya juga disampaikan kepada seluruh alumni atas partisipasi dan pemikirannya sehingga terlaksananya kegiatan mubes. “Semoga dengan terbentuknya kepengurusan Iluni yang baru menjadi wadah silaturahmi sesama alumni. Selain itu, juga menjadi tempat distribusi pemikiran serta dapat bertindak sebagai motivator demi kemajuan STKIP PGRI Sumatera Barat” harapnya.

Sementara itu,  Ketua STKIP  PGRI Sumatera Barat, Ibu Dr.  Hj.  Zusmelia, M.Si mengawali sambutannya dengan mengenalkan unsur pimpinan dan sarana prasarana serta berbagai prestasi yang sudah diraih kampus,  dosen dan mahasiswa STKIP PGRI Sumatera Barat. Diantaranya sebagai kampus Nomor satu di Kopertis Wilayah X (Sumbar, Riau, Jambi dan Kepulauan Riau) dalam bidang Penelitian yang berada pada Claster Utama serta Rangking 82 dalam bidang Riset dari seluruh Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia. Kampus terbaik dalam Sistem Penjaminan Mutu di Kopertis X. Ia juga menyampaikan peningkatan jumlah mahasiswa baru yang diterima oleh STKIP PGRI Sumatera Barat pada tahun ini. "Jumlah mahasiswa baru STKIP PGRI Sumatera Barat pada tahun ini mengalami peningkatan sebesar 37,5 % dibandingkan tahun lalu" ungkapnya. "Kami sangat berharap kegiatan ini berjalan lancar sehingga terpilih ketua alumni baru serta menghasilkan keputusan yang bermanfaat untuk kemajuan almamater di masa mendatang. Selain itu, menjadi harapan kita bersama dengan terbentuknya kepengurusan alumni yang baru,  Ikatan alumni dapat dijadikan sebagai sarana komunikasi untuk berkumpul dan penyebaran informasi demi kemajuan kampus", harapnya.

Ketua Pelaksana Musyawarah Besar (Mubes) Iluni STKIP PGRI Sumatera Barat, Tasmin Anang, S. Pd,  M. Si mengatakan tujuan utama dari Mubes tersebut adalah untuk membentuk kepengurusan Ikatan alumni STKIP PGRI Sumatera Barat. Kegiatan Mubes hari ini diwakili minimal oleh 5 orang dari masing-masing prodi per angkatan. “Semua alumni kita sudah minta untuk hadir. Setiap angkatan diharapkan ada perwakilan lima orang dari masing-masing prodi. Semua angkatan sudah menyatakan kesediaannya untuk hadir. Mulai dari alumni angkatan pertama 1984 sampai 2018,” ujarnya. " Terima kasih yang sebesar-besarnya atas kehadiran, partisipasi dan sumbangan baik moril maupun materil dari semua alumni yg hadir serta juga kepada pihak kampus yang sudah memfasilitasi demi terlaksananya kegiatan ini"  ungkapnya.

 

Kegiatan Mubes siangnya dilanjutkan dengan Rapat Pleno untuk memilih dan menetapkan kepengurusan Iluni STKIP PGRI Sumatera Barat yang baru serta penyusunan Rencana Kegiatan yang akan dilakukan oleh kepengurusan Iluni terpilih.

 

 

 

Unakerhum: STKIP PGRI Sumatera Barat terus berupaya menjalin kerja sama dengan stakeholder. Pada Jumat (23/11) STKIP PGRI Sumatera Barat resmi memperkuat kerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Sumatera Barat melalui penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan antara Ketua STKIP PGRI Sumatera Barat, Dr. Hj. Zusmelia, M. Si dengan Kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Sumatera Barat, H. Syahruddin, S.H, M.Si yang disaksikan oleh Sekretaris Utama BKKBN Pusat, H. Nofrijal, M.A di Aula Gedung STKIP PGRI Sumatera Barat, Padang.

 

 

 

Kerja sama itu berfokus pada penguatan program kerjasama pendidikan kependudukan, pembangunan keluarga dan keluarga berencana melalui peran lembaga pendidikan STKIP PGRI Sumatera Barat. Kerjasama ini bertujuan untuk meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui Pendidikan, Pelatihan, Pengembangan dan Penelitian  dalam pelaksanaan Penguatan Program Kerjasama Pendidikan Kependudukan, Pembangunan Keluarga dan Keluarga Berencana secara terpadu ; dan untuk mewujudkan Pembangunan Berwawasan Kependudukan dan  Norma Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera melalui Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) melalui peran STKIP PGRI Sumatera Barat.

 

Kegiatan ini dihadiri Pimpinan STKIP PGRI Sumatera Barat, Pimpinan Prodi dan Unit,  kepala BKKBN Provinsi Sumbar, Syahruddin beserta tim,  Sestama BKKBN Pusat, H. Nofrijal, Panitia, Mahasiswa Prodi Pendidikan Sosiologi, Prodi Pendidikan Geografi dan Prodi Pendidikan IPS serta tamu undangan lainnya. 

 

 

Unakerhum: Senin (19/11). STKIP PGRI Sumatera Barat Tandatangani Kerjasama dalam bidang Pelayanan Tes Toep (Test of English Proficiency) dan TPDA (Tes Potensi Dasar Akademik) dengan PT.  PLTI (Pusat Layanan Tes Indonesia). Penandatanganan Kesepakatan Kerja sama dilakukan oleh Direktur Utama PT.  PLTI,  Yosa Abduh Alzuhdy,  S. S,  M. Hum dan ketua STKIP PGRI Sumatera Barat, Dr.  Zusmelia, M. Si serta disaksikan langsung oleh Pimpinan Institusi, pimpinan unit dan Tim ICT STKIP PGRI Sumatera Barat. Dengan adanya penandatanganan Kerjasama ini maka penyelenggaraan Tes TOEP dan TPDA sudah bisa diselenggarakan di STKIP PGRI Sumatera Barat. Tujuan dari kerja sama ini adalah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kegiatan layanan untuk penyelenggaraan tes TOEP dan TPDA bagi masyarakat yang membutuhkan serta mencapai peningkatan kelembagaan dengan saling belajar satu sama lain. Kerja sama ini akan berlangsung selama dua tahun mulai 19 November 2018 dan berakhir 19 November 2020. 

“Dengan adanya kerjasama ini maka pihak/publik/individu yang  membutuhkan Tes TOEP dan TPDA untuk studi lanjut, sertifikasi dosen, dan lain sebagainya dapat mendaftar di website PLTI dan memilih lokasi tes di PLT STKIP PGRI Sumatera Barat” ujar Yosa Abduh Alzuhdy selaku Direktur.  “Kami senang dengan adanya kerja sama yang terjalin ini dan semoga kami selaku penyelenggara yang dipercaya dan diamanahkan mampu mengembannya dan dapat melaksanakannya dengan sebaik-baiknya" imbuh Ibu Zusmelia, ketua STKIP PGRI Sumatera Barat.