foto1
PENGHARGAAN KOMISI INFORMASI TAHUN 2016
foto1
SERTIFIKAT PENGHARGAAN KOMISI INFORMASI
foto1
PENGHARGAAN KOMISI INFORMASI TAHUN 2017

Lowongan Kerja Terbaru

Lowongan Kerja – Mencari lowongan kerja di era internet seperti sekarang ini bisa menjadi suatu hal yang cukup menantang. Melimpahnya informasi lowongan kerja 2019 secara tidak langsung bisa menjadi hal baik, atau malah sebaliknya. Tak heran jika Anda seringkali menemukan informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya, termasuk informasi mengenai lowongan pekerjaan 2019. Untuk itu, Anda pun harus cerdas dan teliti dalam mencari informasi lowongan pekerjaan 2019 yang benar agar nantinya proses pencarian kerja bisa lebih efektif.

 

Akhir-akhir ini cukup banyak informasi lowongan kerja terbaru 2019  yang dapat Anda temukan di jejaring internet. Sederetan perusahaan besar hingga industri rumahan membuka lapangan pekerjaan guna memanfaatkan sumber daya manusia yang tersedia. Anda pun dapat dengan leluasa memilih lowongan kerja 2019 mana yang akan Anda lamar sesuai dengan minat dan bakat Anda.

 

Cara Sukses Mencari Kerja dan Trik Supaya Cepat diterima

1. Membuat Daftar Riwayat Hidup yang Menarik

Daftar riwayat hidup dianggap menjadi dokumen utama yang perlu Anda lengkapi ketika melamar pekerjaan. Pastikan riwayat hidup Anda sudah Anda buat semenarik serta sesingkat dan sejelas mungkin. Jangan lupa juga untuk melampirkan berbagai sertifitkat maupun piagam yang pernah Anda peroleh guna menjadi nilai plus diri Anda.

 

2. Mempersiapkan dan Melewati Tahap Wawancara Dengan Baik

Selanjutnya, Anda pun perlu mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi proses wawancara. Perhatikan pakaian yang akan Anda kenakan, ingat gunakan pakaian yang rapi, sopan, dan sesuai dengan syarat yang telah diminta oleh perusahaan. Wawancara kerja ini dianggap sebagai tahapan yang sangat penting dalam proses recruitment karyawan. Usahakan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan oleh HRD dengan jujur agar Anda bisa lolos dalam tahapan ini.

 

3. Tunjukkan Sikap Disiplin

Anda bisa menunjukkan sikap disiplin dengan berbagai cara, misalnya dengan melengkapi seluruh dokumen persyaratan, datang tepat waktu ketika akan melakukan tahapan wawancara kerja, serta menggenakan pakaian yang sesuai dengan syarat yang ditentukan oleh perusahaan. Anda harus bisa mulai menunjukkan sikap disiplin ini mulai dari awal Anda melamar pekerjaan. Hal ini nantinya bisa menjadi nilai plus dan secara tidak langsung telah menunjukkan bahwa Anda adalah individu yang profesional.

 

Cara Negosiasi Gaji yang Efektif Saat Interview

Siapa sih yang tidak mendambakan ingin memiliki pekerjaan yang layak? Terlebih jika kita mengingat kembali kebutuhan biaya hidup yang setiap tahunnya selalu melonjak naik. Maka tak heran pula jika banyak orang yang berlomba-lomba ingin mendapatkan pekerjaan dengan upah yang layak pula.

 

Umumnya, ketika Anda sedang melakukan interview kerja maka Anda akan ditanyakan perihal gaji yang Anda inginkan. Untuk mereka yang sebelumnya sudah pernah bekerja, mungkin proses negosisasi gaji ketika interview ini sudah menjadi hal yang biasa karena Anda pun sudah memiliki pengalaman dalam menjawab pertanyaan dalam interview-interview kerja sebelumnya. Namun, untuk Anda yang masih belum memiliki pengalaman, berikut Mamikos berikan cara negosiasi gaji yang efektif ketika sedang melakukan wawancara kerja:

 

1. Cari Tahu Terlebih Dahulu Mengenai Data Gaji

Sebelum Anda melakukan interview kerja, pastikan bahwa Anda sudah memahami dan mengetahui data gaji sesuai dengan posisi jabatan, latar belakang pendidikan, lokasi, serta perusahaan yang Anda lamar. Informasi ini sangat berguna untuk Anda supaya Anda pun tidak ada miss komunikasi seputar upah atau gaji. Minimum Anda sudah mengetahui upah minimum regional di daerah tempat perusahaan Anda.

 

2. Sebut Gaji Spesifik yang Anda Minta

Ketika Anda sedang melakukan interview kerja dan Anda pun ditanya terkait nominal gaji yang Anda inginkan, usahakan Anda dapat menjawab dengan menyebutkan angka yang jelas bukan angka kisaran. Dengan menjawab dengan jelas, Anda secara tidak langsung telah menggambarkan bahwa Anda memiliki pribadi yang tegas serta bertanggung jawab soal keuangan dan menghargai diri sendiri. Tak perlu ragu untuk bernegosiasi, sebut saja angka yang menurut Anda cocok dengan jasa Anda sendiri.

 

3. Gigih jika Penawaran Gaji Pertama Anda ditolak

Apabila penawaran gaji Anda yang pertama ditolak, jangan langsung berputus asa. Anda harus tetap gigih untuk mempertahankan nominal gaji yang Anda minta secara santun. Anda bisa memperkuatnya dengan menyertakan alasan mengapa Anda meminta nominal angka tersebut. Misalkan bertujuan untuk memenuhi biaya hidup bulanan anda, menabung, dan  memberikan uang kepada orang tua.

 

4. Fleksibel dalam Bernegosiasi

Namun, jika perusahaan tetap menolak untuk memenuhi permintaan gaji yang Anda inginkan. Silahkan bicarakan mengenai kompensasi di luar gaji pokok yang akan Anda terima. Contohnya seperti biaya transportasi, asuransi kesehatan, atau bonus tahunan. Apabila pengganti negosiasi ini puas dan menguntungkan bagi Anda dan tidak merugikan, maka tak ada salahnya jika Anda menyetujui gaji yang diberikan oleh perusahaan. Yang terpenting adalah Anda sudah diberikan kesempatan untuk bekerja agar bisa memperoleh pengalaman dan bisa bermanfaat untuk melamar posisi yang baik di perusahaan lain kemudian hari.

 

5. Mantapkan Hati dan Berdoalah Agar Tenang

Doa adalah cara paling mujarab yang bisa andalkan kapan saja. Setelah mempraktekkan cara-cara diatas, cara terakhir yang harus Anda lakukan adalah menyerahkan semuanya kepada sang kuasa. Karena nya Tuhan lah yang dapat menentukan segala yang terbaik untuk Anda.

 

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Kreatif dan Menarik HRD

Umumnya, perusahaan memandang surat lamaran kerja 2019 atau cover letter sebagai bagian terpenting dari seluruh dokumen lamaran Anda. Karena itu penting sekali bagi Anda untuk menuliskan surat lamaran kerja 2019 yang baik. Berbagai tips di bawah akan membantu Anda.

 

1. Singkat, Padat, dan Jelas

Ketika Anda menuliskan surat lamaran kerja, hindari basa-basi. Anda harus menggunakan bahasa yang mudah, tetapi singkat dan padat. Pergunakan kata-kata yang sebelumnya sering Anda gunakan, tak perlu berusaha untuk mengesankan pembaca  dengan menggunakan kata-kata yang sulit. Dan perlu diingat pula, jangan menulis surat lamaran kerja 2019  lebih dari satu halaman karena surat lamaran yang terlalu panjang dinilai kurang efektif.

 

2. Rapi dan Bersih

Usahakan untuk menuliskan surat lamaran kerja Anda menggunakan program komputer. Dengan begitu, Anda pun dapat menuliskan surat lamaran kerja yang rapi dan mudah untuk dibaca. Hindari menulis surat lamaran dengan tulisan tangan. Hindari menggunakan tip-ex atau sejenisnya dalam surat lamaran kerja 2019 Anda.

 

3. Isi Surat Lamaran Kerja

Pembukaan: Sebutkan dimana Anda mendapatkan informasi tentang lowongan kerja  2019 tersebut. Contohnya, Anda bisa menyebutkan bahwa Anda mengetahui lowongan kerja 2019 tersebut dari iklan di surat kabar, iklan di Internet, atau dari seorang teman Anda.

 

Pekerjaan Anda sekarang: Ceritakan secara singkat posisi dan bidang pekerjaan Anda saat ini. Anda juga perlu menceritakan secara singkat pencapaian utama Anda dalam pekerjaan tersebut. Agar memberikan gambaran yang lebih baik, berikan informasi secara kuantitatif. Misalnya, "Saya membawahi lima orang junior manager". Yang perlu Anda perhatikan di sini, tuliskan hanya hal-hal yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

 

Baca dengan baik persyaratan yang dibutuhkan dalam iklan lowongan pekerjaan tersebut. Jika pekerjaan yang Anda lamar adalah di bidang marketing research, Anda mungkin tidak perlu menceritakan pencapaian Anda di bidang logistik.

 

Pendidikan: Jika latar belakang pendidikan perlu diinformasikan, tuliskan secara singkat pendidikan tertinggi Anda. Jika Anda pernah mendapatkan pendidikan di sekolah yang cukup dikenal, ada baiknya Anda menuliskannya di surat lamaran.

 

Penutup: Dalam penutup ingatkan pembacanya bahwa Anda mempunyai keinginan kuat untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Ada baiknya Anda menyatakan kapan saat terbaik Anda bisa dihubungi untuk proses selanjutnya. Dan jangan lupa ucapkan "Terima kasih".

 

4. Proof Read

Proof read artinya membaca kembali seluruh tulisan Anda dan memastikan semuanya sudah benar. Pastikan tidak ada kesalahan pengejaan, tidak ada kata-kata yang diulang atau repetitif, dan tata bahasa (grammar) yang digunakan sesuai. Dalam program MS Word Anda bisa menggunakan spell dan grammar checker. 

 

Menjadi Karyawan yang Sukses

Kriteria sukses setiap orang tentu berbeda-beda. Untuk mencapai kesuksesan pun membutuhkan upaya kerja keras dan usaha yang maksimal. Oleh karena itu, pastikan Anda memiliki beberapa kriteria berikut ini untuk bisa menjadikan pribadi Anda sebagai pribadi karyawan yang sukses.

 

1. Memiliki Kepribadian yang Menyenangkan

Dengan memiliki sikap menyenangkan akan membantu Anda dalam menemukan serta menciptakan dunia kerja yang nyaman serta menyenangkan pula. Kepribadian seperti ini bisa Anda miliki dengan berbekal etika yang baik, bersikap positif dan tenang, serta rendah hati dan mau belajar.

 

2. Miliki kecerdasan mengelola kemampuan

Tentu Anda akan menjadi seseorang yang tidak menyenangkan ketika Anda hanya memiliki kemampuan yang standar dan tidak berkembang. Untuk itu luangkan waktu kosong Anda untuk menguasai bidang lainnya. Jangan pernah malas untuk menawarkan bantuan pada rekan kerja ketika pekerjaan Anda sudah terselesaikan terlebih dahulu. Dengan cara seperti ini secara tidak langsung Anda telah mempelajari apa yang sebelumnya belum Anda kuasai.

 

3. Bangun kualitas kerja yang maksimal

Setiap perusahaan tentu selalu menginginkan yang terbaik, Anda pun harus mengetahui hal ini dengan jelas. Pastikan Anda memiliki kualitas terbaik dalam diri Anda, sehingga perusahaan pun tidak akan merasa rugi memperkerjakan Anda di sana. Usahakan untuk memberikan hasil terbaik meskipun perusahaan tempat Anda berkerj hanya meminta sesuatu yang lebih rendah dari apa yang Anda kerjakan.

 

4. Miliki kemampuan menempatkan diri

Jelilah dalam melihat kesempatan yang bisa digunakan untuk menunjukkan kemampuan dan diri Anda di hadapan atasan. Sebelum melakukannya, ada baiknya, kenali dahulu dan mengerti dengan baik mengenai sikap dan kepribadian atasan Anda. Tujuannya, agar Anda dengan mudah menemukan cara paling tepat untuk menunjukkan kemampuan dan kelebihan diri Anda. Ingat, untuk melakukan hal ini dengan cara yang elegan.

 

5. Cintai dan nikmati pekerjaan Anda

Hal yang paling mudah untuk selalu menikmati sesuatu adalah dengan cara mencintainya terlebih dahulu, ini juga bisa dilakukan pada pekerjaan Anda. Jangan jadikan pekerjaan sebagai beban, sehingga Anda akan selalu senang dan ingin melakukannya dengan sebaik-baiknya. Pastikan Anda juga selalu memiliki keinginan belajar yang kuat di dalam pekerjaan yang dilakukan saat ini. Hal ini akan membuat Anda selalu termotivasi dan memiliki gairah dalam mengejar kesuksesan.

 

Mencari Lowongan Kerja di STKIP PGRI SUMBAR

Anda salah satu dari sekian ribu orang yang sedang kebingungan mencari pekerjaan? Karena nyatanya mencari pekerjaan memang bukanlah suatu hal yang mudah. Terlebih untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang yang kita inginkan, tentu sangat sulit. Untuk mempermudah Anda menemukan pekerjaan sesuai dengan minat dan bakat Anda, kunjungilah situs Mamikos di Mamikos.com yang merupakan salah satu situs penyedia lowongan kerja berbasis online.